Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2019

Perjalanan darat dari Jailolo ke Tobelo, Halmahera Barat, Maluku Utara

Setelah lewat hutan-hutan eh tiba-tiba langsung disuguhi pemandangan seperti ini. Hai semua. Ketemu lagi pada postingan baru ini. Jadi ceritanya tuh waktu liburan di Jailolo di Halmahera Barat selama beberapa hari aku lanjut lagi ke kota Tobelo di Halmahera Utara. Aksesnya kalau dari Jailolo cuma bisa lewat darat.  Perjalanan darat dari Jailolo ke Tobelo ditempuh selama empat jam. Hehehe. Kalo kata warga lokal sih itu lama banget yah perjalanan darat itu tapi kalo buatku sih oke-oke aja. Malah gak kerasa lama tuh mungkin karena baru pertama kali menempun jalan darat kali ya. Jalan raya sudah sangat bagus loh. Lebar dan beraspal. Jalanan cukup lengang. Aspal mulus dan tidak bolong-bolong. Udara juga masih segar namun sayangnya belum terpasang fasilitas lampu jalan disisi kiri dan kanan jalan. Waktu itu aku naik mobil travel dari Jailolo ke Tobelo dan kebetulan supir travelnya ya tetangga sendiri dirumah Jailolo jadi ga takut ketinggalan mobil. Ohya satu lagi

Jailolo City, berjalan di alun-alun kota Jailolo dan mandi di sumber air panas

Ikon utama kota Jailolo, terletak di sebelah pelabuhan Jailolo Tempat hits di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara ya alun-alun disamping pelabuhan laut Jailolo yang ada tulisan "Jailolo City" dipinggir laut yang tenang. Tempat ini semacam ikon Jailolo lah ya. Beberapa kali festival Teluk Jailolo diadakan ya digelar di area ini. Sebelum berangkat ke tepian Jailolo Berada di pusat kota Jailolo sih hitungannya. Berseberangan dengan Mesjid Sigi Lamo Jailolo yang berwarna merah itu. Waktu di Jailolo kemarin aku main-main ke sini barengan sama sepupuku. Ada beberapa tempat duduk maupun papan-papan yang berisi informasi mengenai Jailolo terpasang disini. Ada juga beberapa bendera warna-warni untuk menambah keramaian. Seru kan ya suasananya ada meja-kursi dan bendera warna-warni disini. Gunung Jailolo sebagai latar belakang. Salah satu stand yang unik Malahan disini ada loh sumber air panas dari pegunungan yang mengalir ketempat bertemunya ai

Jalan-jalan ke Pantai Tuada di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara

Perpaduan Gunung dan Lautnya itulohh cantik banget. Begitu tiba beberapa saat di Jailolo pastinya ya bercengkrama dengan saudara sepupu dan juga om-tante yang memang tinggal di Jailolo. Temu kangen pastinya ya. Karena jaraaaang banget aku ketemu mereka. Waktu kecil dulu karena aku tinggalnya di Kalimantan jadinya ya ga pernah bisa merasakan kumpul bersama saudara sepupu lainnya. Baru bisa terlaksana diusia yang segini. Hehe gapapalah yaa daripada tidak sama sekali.  Setelah asik bercerita-cerita dan bertanya kabar sanak saudara akhirnya aku diajak jalan untuk main ke pantai Tuada. Yap! di Halmahera ini banyak sekali pantai dan gunung yang indah dilihat loh.  Jarang banget lansekap seperti ini bisa aku lihat kalau lagi di Balikpapan. Komplit lah di Halmahera ini. Pantai dan Gunung udah jadi satu tinggal kalian pilih mau mengeksplor yang mana. Pantai Tuada ini letaknya ga terlalu jauh kok dari Jailolo. Waktu itu aku naik motor hanya memakan waktu 10-15 menitan la

Berlayar dengan kapal KM. Labobar dari Balikpapan - Pantoloan - Bitung - Ternate (Part 2)

Selamat tinggal Pantoloan Halooo. Kembali lagi pada postingan lanjutan pengalaman pergi berlayar naik kapal Labobar dari Balikpapan-Pantoloan-Bitung-Ternate bagian ke-2. Bagi kalian yang belum membaca kisah ini di bagian ke-1 tentang awal mula kenapa aku memulai perjalanan ini? Silahkan klik link disini . Setelah semua penumpang sudah naik keatas kapal. Tiba saatnya kapal Labobar ini melanjutkan pelayarannya lagi menuju pelabuhan berikutnya yaitu Bitung! ohya sebagai informasi sekarang PT.Pelni menghapus layanan tiket kelas yang mendapat kamar. Semua dipukul rata menjadi kelas ekonomi. Hehehe aku sih senang-senang aja. Saat kapal mulai menjauh dari Pantoloan maka aku dan teman-teman baru yang kukenal tadi saling bercerita lebih lanjut sepanjang perjalanan.  Mulai dari pertanyaan basa-basi seperti nama siapa, asal darimana, mau kemana, tujuannya apa kesana, kerja apa dan pertanyaan-pertanyaan yang gak berbobot lainnya. Coba pertanyaannya tuh berbobot kayak : &