Langsung ke konten utama

Postingan

(Serunya) Pengamatan terumbu karang dengan metode Manta Tow.

Habitat terumbu karang. Indonesia dengan garis pantainya yang sangat panjang karena negara kita bentuknya susunan pulau-pulau membentang luas dari Sabang hingga Merauke sehingga tidak heran perlu dilakukan penelitian dan pengamatan habitat yang hidup di dalam laut. Selain ikan, kerang, bintang laut, dll ada sesuatu hal yang nampaknya cukup penting untuk diamati dan jaga kelestariannya yaitu terumbu karang. Merupakan tempat tinggal, sumber pakan, tempat berlindung bahkan berkembang biak bagi banyak mahluk hidup di lautan. Merusak terumbu karang sama saja dengan membunuh secara perlahan mahluk hidup di lautan.  Dengan laju pertumbuhan terumbu karang yang sangat kecil tiap tahun menjadikan terumbu karang harus benar-benar dijaga dengan baik. Ada banyak kegiatan manusia yang menimbulkan potensi kerusakan terhadap terumbu karang. Kegiatan manusia yang merusak terumbu karang antara lain :  Penangkapan ikan dengan bahan peledak sehingga banyak terumbu karang yg rusak, patah bahkan mati. Jangk
Postingan terbaru

Pura Giri Jaya Natha Balikpapan

 Berkunjung ke Pura Hindu-Bali di Balikpapan. Pre-Wed di Pura Giri Jaya Natha Balikpapan. Sekian lama tinggal di Balikpapan entah kenapa rasa penasaran akan bangunan Pura tiba-tiba melintas. Selama ini aku tidak pernah berkunjung ke rumah ibadah umat Hindu-Bali. Selain jarang dijumpai ditambah lagi jarang sekali memiliki teman seorang Hindu-Bali. Pintu depan Pura Giri Jaya Natha Balikpapan. Kali ini aku kesini karena ingin menemui pengurus atau penjaga Pura dengan maksud ingin berfoto pre-wedding disini. Heheh karena aku suka banget tema-tema pakaian dan tempat ala nusantara. Tema yang kupakai adalah pakaian ala warga Bali yang sederhana sehari-hari bukan pakaian dan rias lengkap ala pengantin sungguhan. Gapura yg penuh ukiran. Di dalam Pura ada banyak bagian-bagian area untuk sembahyang dan ada beberapa area yang memang tidak bisa dimasuki dengan alasan mutlak. Penuh ukiran ala Bali dengan kain kotak-kotak catur (poleng) dimana-mana.  Sudut di dalam pura. Biasanya ada pelajaran menari

Jelajah Gereja St. Theresia Menteng Jakarta

Gereja Santa Theresia, Menteng, Jakarta. Hai semuanya, bertemu lagi dalam postingan ini. Kuharap kalian tidak bosan-bosannya mengikuti tiap postingan yang aku tulis. Kali ini aku akan mencoba menuliskan tentang sebuah gedung gereja yang tentunya memiliki nilai historis karena gedungnya khas peninggalan jaman kolonial. Gedung gereja nampak dari depan. Kaca Patri warna-warni indah ya. Letaknya berada dipusat kota Jakarta alias di daerah Menteng. Saya kalau kebetulan berada di Jakarta dan kalau dapat tempat menginap di daerah pusat kota, selalu saya sempetin sembayang disini. Selain dekat, gedungnya juga bersejarah (saya suka tempat-tempat seperti ini). Dalam kompleks gereja ini ada penjual sayur-mayur, kantin, bilik-bilik kegiatan umat, gua Maria, toko rohani dan kapel kecil. Ada penjual sayuran dan buah di kantinnya. Aku nyobain sarapan soto mie Bogor, enak lhooo rasanya. Ga ada di Balikpapan sih. Ohya, disini ada air minum yg bs langsung teguk dari kran air. Fiuh mantap ya

(Mengintip) Kegiatan Awak Kapal

 Kru Kapal ngapain aja sih kalo berlayar? Namanya juga manusia, mahluk sosial. Meskipun di tengah laut tetap juga dong butuh teman bicara, bersosialisasi, gibah, gosip dari isu nasional, kriminal, politik hingga topik jorok birahi ala bapak-bapak. Selama ini aku ga pernah tau seperti apa ya rasanya kalau kerja di laut itu? Betah ga ya dilaut? Ngapain aja ya kerjanya? Terus kalo makan gimana? ada yg jual pecel lele lalapan ga yaa di tengah laut? hahaha Ini diaaaa secuil kegiatan orang yang kerja di kapal. Karena kerjanya berbulan-bulan lama banget dilaut jadi satu sama lain wajib saling jaga hubungan baik dan harmonis. Ga lucu kan kalau dimusuhin satu kapal, bisa-bisa bangun pagi sudah di tengah laut karena dibuang teman-temannya hahaha. Ruang utama kapal ini, untuk main PS. Kalau lagi ga waktunya jaga biasanya ya mereka bersantai, rebahan, main game, selayaknya kalau lagi di darat lah. Inget yaa ga bisa main HP atau liat Yutub karena ga ada sinyal meen di tengah laut. Para kru kapal la

(Intip dalamnya )Kapal cepat Manado-Sangihe

 Intip dalamnya kapal cepat Manado-Sangihe. Karena penasaran dengan isi di dalam kapal cepat Manado-Sangihe akupun masuk kedalam kapal itu saat kapal sedang sandar untuk dibersihkan sebelum berlayar lagi. Kapal cepat ini biasanya vv dari Manado ke Pulau-pulau kecil yang bertebaran di utara laut Manado. Siau-Taguladang-Biaro-Sangihe dan sekitarnya.  Kapal cepat yang menuju kabupaten di utara kota Manado. Saking cepatnya perjalanan menuju pulau tsb cuma ditempuh dalam waktu sekitar 8-12 jam kalau tidak salah. Terimakasih banyak pak kapten yang mengijinkan aku dan sepupuku naik ke atas kapal, masuk ke ruang kemudi kapal juga. Interior di dalam kapal. Serasa kapal pribadi kan yaa. Bersama sepupu yang juga menyenangi dunia pelayaran. Selain ke kapal cepat, kami juga naik ke sebuah kapal yang tampaknya sudah lama bersandar di dermaga dan sedang diperbaiki (terlihat usang dan lama tidak digunakan berlayar).  Suasana di dalamnya ngeri ah. Kayak lagi di film horror. Nampak seperti di film horro

Club house gunung utara Balikpapan

Club House, Kompleks Gunung Utara Banyak fasilitas olahraga untuk kegiatan dan acara kantor para pekerja Pertamina Hulu Mahakam disini. Sebuah kompleks perumahan yang dimiliki oleh Pertamina Hulu Mahakam, dulunya milik Total E&P Indonesie. Berada di perbukitan yang biasa disebut Gunung Utara dengan banyak pepohonan rindang hijau disekitar areanya. Ada banyak fasilitas yang dimiliki kompleks tsb. Lapangan tenis, Kolam Renang, Indoor Gym, Perpustakaan, Aula yang besar, Guest House, dan lainnya. Semua fasilitas tsb kondisinya sangat terawat dan dipelihara dengan sangat baik, pekerja dan keluarganya yang memakai fasilitas itupun juga peduli dengan kebersihan area. Saat kami kesana di pagi hari untuk sekedar berjalan kaki kompleks tampak sepi dan tidak terlalu ramai. Mungkin masih pada mager kali ya. Hanya terlihat lapangan tenis yang lagi dipakai bermain sekelompok bapak-bapak.  Berfoto di samping jalan. Selfie duluuu. Lapangan tenis. Lagi ada yang bermain tenis. Cukup jadi penonton aj