Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2022

Susur Mangrove Graha Indah Balikpapan

Teluk Balikpapan mempunyai area tumbuhan mangrove/bakau disekitar muara sungai-sungai yg mengalir disekitar hutan Kota Balikpapan dan merupakan habitat asli dari monyet Bekantan khas Kalimantan (beberapa warga lokal menyebut monyet bule, karena warna bulu coklat emas, hidung besar mancung seperti bule) hehehe rasis ga sih. Monyet Bekantan ini muncul di sore hari karena mencari makanan berupa buah dan pucuk daun muda tumbuhan mangrove. Sifatnya yang pemalu sehingga sering kabur jika melihat manusia dari jarak dekat. Selain monyet Bekantan di muara Teluk Balikpapan ini merupakan habitat asli ikan pesut (ikan lumba-lumba air tawar/payau). Di dunia hanya sedikit tempat tinggal ikan pesut ini. Selain Indonesia, ikan pesut ini juga tinggal di sungai mekong yg mengalir diantara Kamboja & Laos. Nama lain ikan pesut adalah Irrawaddy Dolphin.  Sungguh keberuntungan bisa melihat penampakan ikan pesut ini karena sangat jarang ikan pesut menampakkan diri. Teluk Balikpapan Jembatan dermaga Mangr

Patung Yesus memberkati Kota Manado

Hari terakhir di Kota Manado sebelum berangkat ke bandara Sam Ratulangi saya diajak untuk berfoto di depan patung ikonik Tuhan Yesus memberkati. Fix saya sudah resmi berkunjung ke Kota Manado jika sudah berfoto di spot ini. Kota Manado persis Kota Balikpapan dengan kontur berbukit-bukit. Kebetulan patung Yesus memberkati ini di pasang di atas bukit sehingga dari jauh sudah terlihat. Ngeri sih kalau liat kebawah, jurang lembah lumayan tinggi. Ini spot foto yang antrinya panjang utk sekedar berfoto.

Anjungan lepas pantai (Offshore Platform)

Sewaktu melakukan pekerjaan yang mengharuskan saya pergi ke laut lepas maka selalu saya membawa buku bacaan sebagai bekal biar ga bosan diperjalanan.  Karena inilah saatnya menghabiskan waktu dengan membaca buku. Di laut lepas itu gak ada sinyal jaringan GSM dan internet jadi kalau sudah begitu bingung mau ngapain. Buku adalah teman terbaik disaat keadaan susah sinyal begini. Mau ngobrol pun susah kalau lagi di kapal karena berisik suara mesin kapal. Pandai-pandailah memanfaatkan waktu kosong.  Pernah suatu saat titik tujuan pekerjaan ini harus ditempat yang agak jauh dari biasanya dan melewati anjungan lepas pantai (Offshore Platform) yang jarang keliatan dari pantai terdekat kota saya. Anjungan lepas pantai ini berfungsi sebagai tempat kerja sekaligus tempat tinggal personel eksplorasi produksi minyak dan gas bumi ketika berada ditengah laut. Seketika aku berpikir bagaimana ya caranya bisa ada fasilitas sebesar itu ditengah lautan. Anjungan lepas pantai selat Makassar Anjungan lepas

BBTPPI Semarang, Jawa Tengah-Indonesia

Setelah sekian lama bekerja bersama dengan tim PPC (Petugas Pengambil Contoh) dari kantor BBTPPI (Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri) sering banget diri ini mampir sekedar main-main dikantor mereka di Kota Semarang. Akhirnya saat itu tiba kebetulan saya sedang ada keperluan dikota Semarang beberapa hari dan saya chat beberapa personil mereka yang sering kerja bareng kalau di Kalimantan. Saya infokan kalau sedang di Semarang apakah boleh mampir ke Kantor mereka? Ternyata mereka menerima dengan tangan terbuka kehadiran saya. Kantor BBTPPI Semarang Kementrian Perindustrian letaknya di jalan Ki Mangunsarkoro Karang Kidul di pusat kota Semarang jadi tak susah menuju tempat itu. Selama di kantor BBTPPI Semarang saya diajak berkeliling ruangan seperti tour ala ala gitu. Diajak liat ruang analisa, laboratorium pemeriksaan air, udara, tanah. Ngobrol-ngobrol santai tentang teknis SOP analisa sampel air dan udara sampai ditunjukkin SNI (Standar Nasional Indonesia) sebagai jamina

Mampir ke Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan Kaltim

Suatu waktu kami iseng mampir ke area kampus Institut Teknologi Kalimantan yg ada di Balikpapan yang terkenal itu. ITK dibuat sebagai jawaban dan harapan semoga ada institusi pendidikan tinggi keteknikan yang mumpuni di Kalimantan. Sehingga generasi muda Kalimantan khususnya Kaltim tidak perlu jauh-jauh menimba ilmu keteknikan di Bandung atau Surabaya. Cukuplah belajar di ITK Balikpapan. Di Bandung ada ITB, Surabaya punya ITS, Lampung punya ITERA, maka Balikpapan punya ITK. Meskipun kami tinggal di Balikpapan nyatanya tidak semua dari kami ngeh dimana letak kampus ITK ini. Berbekal Google maps jadilah kami sampai di gerbang kampus ITK. Berawal dari niat iseng eh terlaksana deh kunjungan singkat dadakan ini. Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan

Pesawat RI-1 Indonesia

Betapa gagah dan terlihat Indonesia banget warna body pesawat RI-1 untuk presiden Indonesia. Warna merah putih yang menggelorakan pesan kebanggaan bagi yang melihatnya. Tampak dari dekat saat pesawat ini hendak parkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kaltim. Terbanglah setingginya.

Jalan-jalan manja di Kota Manado

Dibandingkan dengan kota lainnya di Sulawesi Utara, Kota Manado sangat terbatas tempat menarik yang bisa dikunjungi. Biasanya perlu keluar kota untuk bisa menikmati tempat rekreasi. Karena saya suka jalan kaki ketimbang jogging akhirnya aku utarakan lah niat jalan kaki pagi hari di sekitar area megamas Manado. Komplek ruko/mall yang persis disebelah pesisir laut. Komplek megamas ini selalu langganan terkena banjir air Rob laut yang sampai masuk ke dalam mall. Cuaca buruk sih sebab utamanya. Air laut jadi ganas, ombak besar dan tinggi menerjang parkiran mobil, motor banyak yang hanyut. Sebenarnya niat hati ini ingin jalan kaki sendirian tapi apalah daya adik sepupuku menemani acara gabut ini. Mungkin diminta ortunya menemaniku supaya Aku tidak tersesat di kota Manado.  Ya ampun om tanteeee baiknya. Lumayan dekat rumah tinggal sepupuku kalau ke megamas ini. Niatnya mau start dari rumah berjalan kaki tapi ditentang karena katanya jauhhhh. Alhasil kami naik kendaraan dari rumah ke megamas.

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado

Museum Provinsi Sulawesi Utara Berkunjung ke Manado rasanya sangat jarang sekali turis domestik yg mau berkunjung ke museum. Kurang hits dibandingkan mall, pantai, gunung dan danau. Sewaktu di Manado dan bingung mau jalan kemana, Aku iseng cek goggle maps sambil cek ada tempat menarik apa ya disekitar Kota Manado. Rupanya terdapat sebuah museum negeri milik Provinsi Sulawesi Utara. Artinya tempat itu menyimpan ragam benda dari seantero Sulawesi Utara. Mulai dari penjelasan satwa eksotis, kuburan batu khas wilayah pasifik, tradisi melaut dengan kapal khasnya, tradisi berladang, pakaian tradisional, budaya tarian dan pameran pertunjukkan permainan alat musik kolintang. Iya, petugas penjaga museum saat Aku berkunjung mereka memainkan alat musik dari bambu kolintang. Lagu-lagu asal Nasional banyak dimainkan dan sukses membuatku kagum. Dari daftar buku tamu pengunjung kebanyakan berasal dari luar Sulawesi Utara. Kubur batu di Sulawesi Utara Penjelasan perahu tradisional Teknik tenunan kain

Praktek Resisutasi Jantung Paru (CPR / Cardiopulmonary Resuscitation)

Praktek Resusitasi Jantung Paru pada boneka. RJP Resusitasi Jantung Paru atau CPR Cardiopulmonary Resuscitation adalah bantuan darurat pada orang yang terindikasi denyut nadi lemah, napas hilang sesaat karena berbagai sebab.  Pada perusahaan dengan tingkat resiko kecelakaan sedang-tinggi maka perlu dilakukan pelatihan first aider.  Salah satunya adalah pelatihan bantuan hidup dasar atau RJP ini dimaksud untuk mengatasi keadaan darurat sampai orang yg diberikan RJP ini mendapatkan bantuan medis yang lebih lanjut dari dokter klinik/rumah sakit. Karena fasilitas kesehatan dasar atau RS cukup jauh dan memakan waktu yg lama jika tenaga medis tiba di lokasi sekitar kejadian maka diperlukan penunjukkan dedicated person untuk kondisi darurat tsb. Menurut teori Golden time untuk RJP adalah 3 menit setelah henti napas. Otak manusia masih bisa bekerja 3 menit setelah henti napas dan jika lewat golden time 3 menit kemungkinan untuk bisa survive sangat kecil karena tubuh dan otak manusia perl

Pengamatan vegetasi flora dengan metode transek

Dulunya Aku beranggapan di dalam hutan itu isinya hewan buas liar, ular berbisa yg banyak menggantung di dahan pohon dan berbagai ketakutan akibat gambaran dari film Hollywood. Nyatanya hutan tidak semenakutkan itu. Pernah suatu kali Aku berkesempatan menemani tim penelitian flora-fauna dari institusi pendidikan tinggi terkenal di kota Bogor yang mana mereka saat itu mau meneliti hutan tropis Kalimantan. Curah hujan yang tinggi, cahaya matahari melimpah sepanjang tahun maka tak heran variasi jenis vegetasi flora di dalam hutan tropis sangat banyak dan cenderung ukuran pohonnya tinggi akibat kompetisi mendapatkan sinar matahari sebagai proses fotosintesisnya. Penelitian flora-fauna ini sebagai kegiatan berkelanjutan dalam pemetaan jenis apa sajakah tumbuhan maupun satwa di area hutan tsb? Sederhananya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada jenis tumbuhan dan satwa yg dilindungi karena jumlahnya, kelangkaannya atau status nya kritis atau tidak. Identifikasi jenis tumbuhan d

Sungai Jernih Long Laai, Segah, Berau Kaltim.

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar nama tentang Berau? Berau, Bumi Batiwakkal. Biasanya jika Berau disebut pastinya banyak yang menjawab tentang pulau Derawan, Penyu Hijau, pulau Maratua, pulau Kakaban, Ubur-ubur tak bersengat, Danau Cermin, Danau Dua Rasa, dan banyak lagi daftar ikonik dari daerah ini. Kebanyakan orang familiar dengan lokasi wisata khas pesisir pantai yang terkenal cantik di kalangan wisatawan domestik & mancanegara. Banyak yang tidak tahu atau tidak sadar jika di kabupaten Berau masih banyak sekali daerah lainnya yang belum banyak di promosikan tentang keindahan wilayahnya. Berau juga masih punya banyak wilayah pedalaman hutan tropis ala Pulau Kalimantan dengan ciri udara yang lembap (banyak mengandung kadar air), curah hujan yang sering terjadi sepanjang tahun, sinar matahari tersedia sepanjang tahun. Hutan tropis Kalimantan. Kali ini Aku hendak cerita sedikit tentang perjalanan darat dari kota Tanjung Redeb Berau menuju ke desa Long Laai yang ada di hulu sun