Langsung ke konten utama

Seperti apa Kota Kinabalu, Sabah-Malaysia?

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Bendera Negeri Sabah, Bendera Malaysia, Bendera Negeri Kelantan

Kota Kinabalu akhirnya ya aku bisa datang kesini. Kota yang berada di bagian utara pulau Kalimantan, dulunya daerah ini oleh penduduk lokal bernama Apin-Apin terus waktu Inggris datang mereka mengubah namanya menjadi Jesselton dan ketika Sabah memilih bergabung dengan Malaysia Jesselton berubah nama menjadi Kota Kinabalu.


kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
I heart KK

Sabah dimasa lampau adalah area kekuasaan Sultan Brunei (Dulu di masa lampau Kerajaan Brunei adalah Kerajaan terkuat di Kalimantan bahkan seluruh area Kalimantan bagian pesisir pernah ditaklukan olehnya.) Hingga akhirnya timbul pemberontakan di mana-mana di wilayah taklukan Brunei termasuk di daerah yang sekarang bernama Sabah.

Brunei kewalahan untuk meredam gerakan pemberontakan yang melawan Sultan Brunei hingga Sultan Brunei kala itu meminta bantuan Sultan Sulu Filipina untuk membantu meredam gerakan pemberontakan tersebut dengan imbalan pemberian daerah yang sekarang kita kenal dengan nama Sabah. Nah karena pemberontakan berhasil diredam maka Sultan Brunei pun memberi Sabah kepada Sultan Sulu Filipina. Dilain sisi Filipina yang saat itu dikuasai Spanyol memberi ijin dan menetapkan harga sewa kepada Inggris untuk membuka suatu perusahaan yang beroperasi di Sabah dengan nama North Borneo Company. Hingga akhirnya Inggris pergi dari Sabah dan rakyat Sabah pun bersama dengan Sarawak dan Singapura memilih bergabung dengan Malaya untuk membentuk negara federasi Malaysia seperti sekarang ini. 

Singapura pernah menjadi bagian Malaysia? Iya bener sekali tapi hanya dua tahun lamanya Singapura bergabung hingga memilih untuk keluar dari Federasi Malaysia dan membentuk negara sendiri hingga sekarang.

Secara garis besar Kota Kinabalu banyak dipenuhi gedung bertingkat mulai dari gedung kekinian hingga gedung jadul. Jalanan pun lebih banyak dikuasai mobil dan bis (Fyi, di Sabah dan Malaysia pada umumnya sepeda motor itu sangat jarang keberadaannya tidak seperti di negara kita). Proyek jalan tol Lebuh Raya Pan Borneo hingga kini masih berlanjut pengerjaannya. Koneksi jalan tol bebas hambatan yang menghubungkan Sabah-Brunei-Sarawak. Jadi kamu bisa banget naik mobil berkelana dari satu wilayah ke wilayah lain di bagian utara pulau Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia & Brunei.

Pemerintah Kota Kinabalu memiliki layanan untuk peminjaman sepeda gratis untuk berkeliling kota dengan syarat yang mudah sekali cukup serahkan paspor dan sepeda sudah bisa digunakan untuk keliling. 

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Disini nih daftarnya peminjaman sepeda gratis untuk keliling Kota Kinabalu

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Datangnya kesorean sih jadinya keburu tutup deh loket untuk pinjam sepeda gratis.

Disini banyak sekali turis Korea dan saking banyaknya turis asal negeri ginseng itu kamu bisa dengan mudahnya menemukan berbagai macam produk asal Korea seperti jajanan, panganan, soju, kedai makanan Korea hingga asesoris asal Korea.

Ohya di tengah kota terdapat air mancur dan gapura peringatan bergabungnya Sabah dengan negara Malaysia loh. Hehe masih terawat hingga kini tempatnya.

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Tugu Peringatan Malaysia di Kota Kinabalu

Ohya satu lagi disini juga banyak sekali loh komunitas orang Filipina dan bahkan sampai ada pasar yang memang penjualnya orang Filipina semua namanya Filipino market. Isinya ya pernak-pernik oleh-oleh yang isinya sama semua dan setiap toko barang yang dijual sama.


kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Disisi sebuah perbelanjaan




kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Banyak banget orang Korea disini

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu



kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Mobil dinas pegawai kantor Dewan Bandaraya



kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Gedung Mahkamah Kota Kinabalu

ikan asin kerupuk kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Ikan Asin Kerupuk di Filipino market. Ini mah di Tarakan Indonesia juga banyak

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Wah Sharukhan punya toko

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Delapan Belas kali ya maksudnya

kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Manja



sabah jetty parks kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Ini apa yaa? hmm masuk dulu aja deh

sabah jetty parks kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Kota Kinabalu persis berada di pesisir laut

sabah jetty parks kota kinabalu KK Jalur gemilang bendera malaysia sabah negeri diatas bayu
Aku mau beli juga tas yang dipakek hyung-hyung ini.
 

Jangan lupa baca juga tulisanku tentang tempat menarik yang ada di Kota Kinabalu di Sabah Malaysia :
1. Menara jam Atkinson tower bisa klik disini.
2. Melihat pameran kerajinan tangan dan tekstil Sabah & Sarawak di mall Suria Sabah, klik disini.
3. Bukit Bendera alias Signal Hill Observatory dimana Kota Kinabalu nampak dari ketinggian, klik disini.
4. Pelabuhan Kota Kinabalu, kalau mau ke Labuan yang bebas visa dan ke Brunei Darussalam, klik disini.
5. Jesselton Point, pelabuhan khusus ke pulau Tunku Abdul Rahman, klik disini.

Komentar

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berlayar dengan kapal KM. Labobar dari Balikpapan - Pantoloan - Bitung - Ternate (Part 1)

Pelabuhan Semayang Balikpapan Hai semuanya kali ini aku menulis tentang pengalamanku ketika pergi berlayar menuju Ternate dari kotaku Balikpapan dengan kapal KM Labobar Lah kok bisa ya naik kapal? emang liburnya berapa lama? terus kok bisa pas jadwal libur dengan jadwal kapal? Hehe akan kuceritakan asal muasal kenapa aku bisa pergi liburan dengan berlayar bersama KM. Labobar. Jadi pada akhir Januari 2019 itu aku sudah bisa libur selama 14 hari kalender (2 minggu).  Bingung kan mau libur pergi kemana. Mau pulang ke Samarinda ah terlalu sering dan sudah biasa. Gak perlu nunggu libur panjang kan aku bisa pulang ke Samarinda. Terus cek-cek lagi jadwal ke Bongao, Tawi-Tawi (Filipina) via Sandakan Malaysia kok menarik yaaa.. eh gak taunya dekat hari libur tiba-tiba di berita muncul kabar bahwa di daerah Sandakan khususnya Filipina bagian selatan lagi ricuh akibat kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Filipina. Ada pengeboman rumah ibadah s

Perjalanan darat dari Jailolo ke Tobelo, Halmahera Barat, Maluku Utara

Setelah lewat hutan-hutan eh tiba-tiba langsung disuguhi pemandangan seperti ini. Hai semua. Ketemu lagi pada postingan baru ini. Jadi ceritanya tuh waktu liburan di Jailolo di Halmahera Barat selama beberapa hari aku lanjut lagi ke kota Tobelo di Halmahera Utara. Aksesnya kalau dari Jailolo cuma bisa lewat darat.  Perjalanan darat dari Jailolo ke Tobelo ditempuh selama empat jam. Hehehe. Kalo kata warga lokal sih itu lama banget yah perjalanan darat itu tapi kalo buatku sih oke-oke aja. Malah gak kerasa lama tuh mungkin karena baru pertama kali menempun jalan darat kali ya. Jalan raya sudah sangat bagus loh. Lebar dan beraspal. Jalanan cukup lengang. Aspal mulus dan tidak bolong-bolong. Udara juga masih segar namun sayangnya belum terpasang fasilitas lampu jalan disisi kiri dan kanan jalan. Waktu itu aku naik mobil travel dari Jailolo ke Tobelo dan kebetulan supir travelnya ya tetangga sendiri dirumah Jailolo jadi ga takut ketinggalan mobil. Ohya satu lagi

Baju Barong Tagalog Pakaian Tradisional Pria Filipina

Barong Tagalog, pakaian pria nasional di Filipina. Sejarah :  Saat pendudukan lebih dari 300 tahun oleh Spanyol di Filipina (1561-1889) penduduk pria lokal Filipina wajib memakai baju yang sekarang dinamakan Barong Tagalog.  Barong Tagalog adalah baju pria berkerah yang tidak dimasukkan kedalam celana, tidak berkantung juga transparan / tembus pandang.  Baju ini dimaksudkan untuk mencegah orang Filipina menyembunyikan sesuatu dalam kantong bajunya, entah barang curian atau senjata tajam. Spanyol mewajibkan pemakaian baju ini kepada semua orang Filipina tanpa peduli tingginya jabatan mereka di masyarakat guna menunjukkan perbedaan antara orang Spanyol yang kaya raya dengan penduduk miskin Filipina.  Setelah Filipina merdeka, presiden mereka Manuel Quezon mempopulerkan pemakaian baju ini. Sebelumnya baju ini identik dengan kelas bawah. Ketika dipopulerkan oleh presiden dengan cara selalu memakai baju ini pada acara resmi kenegaraan maka baju ini pun semaki