Langsung ke konten utama

Festival Kraf Tekstil (Kain Adat) Sabah-Sarawak di Mall Suria Sabah, Kota Kinabalu, Malaysia

Kota Kinabalu-Sabah, Malaysia terletak di sebelah utara pulau Kalimantan.
Meskipun masih satu daratan dengan Kalimantan namun Sabah masuk negara jiran, Malaysia.

Suku-suku yang mendiami Sabah ya sudah pasti suku Dayak dengan berbagai sub-sub sukunya masing-masing. Beberapa sub suku Dayak yang ada di Sabah juga ada di Kalimantan, Indonesia. 

Jauh sebelum garis batas negara Indonesia-Malaysia ditentukan oleh dunia Internasional, interaksi antar masyarakat kedua negara sudah terjadi. Maka tidak heran jika di kedua wilayah negara masih dapat ditemukan persamaan budaya.

Kebetulan waktu jalan-jalan di Kota Kinabalu kita berdua mampir ke pusat perbelanjaan (Mall) di tengah kota yaitu Suria Sabah. 

Berikut link google maps Suria Sabah.

Bangunan lumayan baru terlihat dari luar. Udara panas lembab seketika berubah menjadi dingin menusuk tulang ketika masuk ke dalam Suria Sabah.

mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia
Ini dia pintu masuk Mall Suria Sabah, Kota Kinabalu-Malaysia


Mataku tertuju pada stand yang cukup besar, rupanya di hari itu ada pameran festival kraft Malaysia yang mana acara ini menampilkan berbagai kerajinan tangan buatan warga Malaysia yang ada di Sabah-Sarawak.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Tekstil Malaysia dipamerkan di acara ini.



mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Salah satu landyard panitian festival Kraf.

 

Apa aja sih yang dipamerkan pada acara ini?

Ada kain tenun, kain songket, sulaman tangan, gelang & kalung manik-manik, perhiasan tradisional, pakaian adat berbagai macam suku asli Sabah-Sarawak, alat musik tradisional, fashion show anak-anak dengan baju daerah.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu gong kudat
Alat musik tradisional dari daerah Kudat, Sabah-Malaysia.



mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Ini topi lelaki dayak Kadazan Dusun.




mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Seorang penjaga sedang merapikan baju adat pria Dayak Murut. Tampak bulu burung asli tersemat di topi.



Ada juga loh pameran langsung ibu-ibu yang sedang menenun kain songket lengkap dengan alat tenun bukan mesin yang dipakai di acara ini.


Penjaga stand yang sedang merapikan barang-barangnya.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Alat pembuat kain songket Malaysia. Rumit ya.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Nih, banner tentang kain Songket Serawak, berbeda kan tampilannya dengan Songket Palembang?


Suka banget sama warna kain songketnya.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Tenunan Dastar konon dibawa dari Filipina Selatan ke Sabah. Hingga kini banyak penduduk asal Filipina di Sabah loh.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Kain Tenun yang sedang proses ditenun untuk dibuat "Destar/Tanjak" alias ikat kepala untuk Pria Kadazan Dusun. Pola tenunan kain ini rumit ditambah lagi benang warna-warni.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu
Tenun dastar dayak Kadazan Dusun yang telah selesai ditenun.



mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Ini bentukan kain tenun Destar/Tanjak yang sudah jadi. Berbentuk Kuda dan Rumah adat.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Kain tenun suku dayak Kadazan Dusun, harganya behhh mahal. Sesuai dengan kerumitan pembuatannya


Umumya tenun Dastar ini terbagi dua warna, Hitam & Merah. Menurutmu bagus yang mana?



mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Contoh lipatan kain tenun Dastar sebagai ikat kepala pria dayak Kadazan Dusun berbagai ukuran.




Detail kain tenun Dastar dari dekat. Rumit ya? Ga heran harganya pun mahal.

mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Ini nih tampilan pakaian adat pria Dayak Kadazan Dusun, lengkap dengan kain tenun Dastar yang sudah dilipat menjadi "Tanjak" atau ikat kepala lelaki.



Selain itu ada juga stand dari Universitas Malaysia yang berfokus pada pembinaan terhadap kesenian asli Malaysia. Nanti para mahasiswa akan diajari bagaimana cara menenun, membatik, membuat alat musik tradisional, membuat ukiran kayu tradisional, dll.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Universitas yang khusus mengajarkan kesenian Malaysia bagi mahasiswa/i yg belajar disini.


Saat itu banyak juga pengunjung yang melihat-lihat stand ini dan saya juga ga mau dong melewatkan kesempatan langka ini. Saya kelilingi semua stand, bertanya jawab dengan penjaga stand jika ada hal yang saya kagumi. Mereka semua ramah dalam menjelaskan walaupun dengan kosa kata Melayu yang agak susah dimengerti oleh kita orang Indonesia yang sehari-hari tidak memakai bahasa Melayu.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Anak kecil dengan pakaian khas Sabah.


ohya Bahasa Melayu di Sabah pun agak berbeda dengan bahasa Melayu di Semenanjung (Kuala Lumpur) yang seperti biasa kita dengar dari serial kartun Ipin-Upin. Bahasa Melayu Sabah lebih mirip seperti Bahasa yang umum dipakai di bagian Kalimantan Utara Indonesia (Tarakan, Nunukan, Bulungan, Berau). Mereka selalu menambahkan aksen bah diakhir kalimat. "Kau itu bah" "Diorang" "Bini kau" yah seperti itu lah kalimat yang sering terdengar.

Bagusnya lagi di pameran ini terdapat banner yang menjelaskan nama Kain yang dipajang, sedikit penjelasan tentang asal usul kain dan sejarah kain tsb. Menarik ya?

 


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Unik ya bajunya ada tudungnya.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Songket buatan tangan, indah ya.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Ini lagi penjelasan songket Dastar, berbeda dengan Songket Sarawak.


mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Asesoris untuk pakaian adat para wanita-wanita dayak Kadazan Dusun.



mall suria sabah suriasabah membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Kalau ini pakaian adat wanita Dayak Kadazan Dusun.



mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Perlengkapan asesoris pakaian adat.


mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Anak-anak sub suku Dayak di Sabah, cantik kan bajunya.



mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Kain Dastar & Songket Sarawak. Pengen beli ga sihh?




mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Songket Serawak, motif bintang. Masih dalam tahap ditenun. Rumit ya.



mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Ini tenunan asli suku Dayak. Memakai bahan dan pewarna alami dari hutan di Sabah.
Mahal loo ini.


mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Semakin warnanya kalem itu artinya mereka memakai pewarna alamiah.



mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Salah satu jenis kain tenun Pua Sungkit.


mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Salah satu selendang tenun Pua Sungkit dengan motif Dayak.



mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Tenun Pua Sungkit ukuran kecil.


mall suria sabah suriasabah borneo membeli belah kota kinabalu KK sabah malaysia kraf tekstil kain adat destar dastar tanjak kadasan dusun dayak tenun songket sarawak pua kumbu ringgit
Songket Sarawak. Modelnya bagus ya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berlayar dengan kapal KM. Labobar dari Balikpapan - Pantoloan - Bitung - Ternate (Part 1)

Pelabuhan Semayang Balikpapan Hai semuanya kali ini aku menulis tentang pengalamanku ketika pergi berlayar menuju Ternate dari kotaku Balikpapan dengan kapal KM Labobar Lah kok bisa ya naik kapal? emang liburnya berapa lama? terus kok bisa pas jadwal libur dengan jadwal kapal? Hehe akan kuceritakan asal muasal kenapa aku bisa pergi liburan dengan berlayar bersama KM. Labobar. Jadi pada akhir Januari 2019 itu aku sudah bisa libur selama 14 hari kalender (2 minggu).  Bingung kan mau libur pergi kemana. Mau pulang ke Samarinda ah terlalu sering dan sudah biasa. Gak perlu nunggu libur panjang kan aku bisa pulang ke Samarinda. Terus cek-cek lagi jadwal ke Bongao, Tawi-Tawi (Filipina) via Sandakan Malaysia kok menarik yaaa.. eh gak taunya dekat hari libur tiba-tiba di berita muncul kabar bahwa di daerah Sandakan khususnya Filipina bagian selatan lagi ricuh akibat kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Filipina. Ada pengeboman rumah ibadah s

Perjalanan darat dari Jailolo ke Tobelo, Halmahera Barat, Maluku Utara

Setelah lewat hutan-hutan eh tiba-tiba langsung disuguhi pemandangan seperti ini. Hai semua. Ketemu lagi pada postingan baru ini. Jadi ceritanya tuh waktu liburan di Jailolo di Halmahera Barat selama beberapa hari aku lanjut lagi ke kota Tobelo di Halmahera Utara. Aksesnya kalau dari Jailolo cuma bisa lewat darat.  Perjalanan darat dari Jailolo ke Tobelo ditempuh selama empat jam. Hehehe. Kalo kata warga lokal sih itu lama banget yah perjalanan darat itu tapi kalo buatku sih oke-oke aja. Malah gak kerasa lama tuh mungkin karena baru pertama kali menempun jalan darat kali ya. Jalan raya sudah sangat bagus loh. Lebar dan beraspal. Jalanan cukup lengang. Aspal mulus dan tidak bolong-bolong. Udara juga masih segar namun sayangnya belum terpasang fasilitas lampu jalan disisi kiri dan kanan jalan. Waktu itu aku naik mobil travel dari Jailolo ke Tobelo dan kebetulan supir travelnya ya tetangga sendiri dirumah Jailolo jadi ga takut ketinggalan mobil. Ohya satu lagi

Baju Barong Tagalog Pakaian Tradisional Pria Filipina

Barong Tagalog, pakaian pria nasional di Filipina. Sejarah :  Saat pendudukan lebih dari 300 tahun oleh Spanyol di Filipina (1561-1889) penduduk pria lokal Filipina wajib memakai baju yang sekarang dinamakan Barong Tagalog.  Barong Tagalog adalah baju pria berkerah yang tidak dimasukkan kedalam celana, tidak berkantung juga transparan / tembus pandang.  Baju ini dimaksudkan untuk mencegah orang Filipina menyembunyikan sesuatu dalam kantong bajunya, entah barang curian atau senjata tajam. Spanyol mewajibkan pemakaian baju ini kepada semua orang Filipina tanpa peduli tingginya jabatan mereka di masyarakat guna menunjukkan perbedaan antara orang Spanyol yang kaya raya dengan penduduk miskin Filipina.  Setelah Filipina merdeka, presiden mereka Manuel Quezon mempopulerkan pemakaian baju ini. Sebelumnya baju ini identik dengan kelas bawah. Ketika dipopulerkan oleh presiden dengan cara selalu memakai baju ini pada acara resmi kenegaraan maka baju ini pun semaki